Bagaimana tata cara membuat URL halaman website berstandar SEO ? URL adalah sebuah alamat untuk dokumen pada web – adalah nilai berharga di lihat dari sisi prospektif pencarian. Anda wajib membuat Struktur URL halaman website yang berstandar SEO. Sejak mesin pencari menampilkan alamat URL website Anda pada hasil pencariannya hal tersebut berpengaruh pada klik yang masuk dan kepopuleran.
Url digunakan oleh mesin
pencarian untuk menaikan peringkat website Anda. Alamat halaman-halaman yang
termasuk dalam kata kunci pencarian yang dicari oleh pengunjung menemukan
website Anda berdasarkan struktur kata pada alamat URL website Anda tersebut.
URL halaman website sangat membantu apabila dituliskan dengan deskripsi yang
tepat dan sesuai dengan fokus kata kunci serta kesesuaian isi konten yang ada
didalamnya.
URL adalah alamat yang
tampil pada bagian bar alamat (address bar) pada browser (alat perambah
internet) Anda. Meskipun hal ini memiliki pengaruh yang tidak terlalu besar
dalam SEO. Namun URL yang buruk akan memberi dampak negatif pada SEO.
Berikut ini panduan tata cara membuat URL halaman
website berstandar SEO, antara lain: 1) Menunjukan Empati. Posisikan diri
Anda sebagai pengguna, yang melihat URL halaman Anda tersebut. Jika Anda (dalam
posisi pengunjung website) dengan mudah dapat menyimpulkan apa yang dibahas
pada halaman (konten) berdasarkan URL tersebut tentu itu akan membantu. Anda
tidak perlu mengeja setiap rincinya, hanya ringkasan dasar saja sudah cukup; 2)
Lebih pendek lebih baik. Meskipun Anda perlu mendeskripsikan URL Anda denga
baik, namun tetap jaga keseimbangan antara maksud (deskripsi) URL tersebut dan
jumlah kata yang ada didalamnya. Jika Anda membuat URL dengan komposisi yang
seimbang maka URL Anda selain dapat dibaca juga dapat dibagikan dengan mudah
(misalnya lewat e-mail, blog, pesan teks dan lain-lainnya); 3) Menempatkan
keyword pada URL itu penting (tapi jika berlebihan justru akan berbahaya). Jika
halaman Anda menargetkan pada suatu fokus kata kunci, pastikan Anda menempatkannya
pula pada URL. Namun menempatkan kata kunci yang terlalu banyak atau berlebihan
pada URL malah akan berdampak buruk pada SEO dan lebih buruk bisa berpeluang
masuk pada kategori spam; 4) Buat url statis. Gunakan tanda hubung pada setiap
kata Memisahkan kata mungkin termasuk kata kunci ini penting untuk memfokuskan interpretasi
mesin pencari dan pengunjung. Hanya gunakan tanda hubung minus/strip (-), untuk
memisahkan antar kata pada URL, dan jangan gunakan tanda lain seperti
underscore (_), spasi atau (%20) atau tanda hubung lain.
Membangun popularitas dan
link pada website ini adalah hal yang membutuhkan fokus konsentrasi dan waktu
yang cukup banyak. Ini bergantung pada seberapa besar akan Anda bangun dan seberapa
sumber daya yang Anda miliki. Untuk pencari yang menjelajahi web yang luas,
link adalah jalan diantara halaman. Menggunakan analisis link yang canggih,
mesin pencari dapat menemukan bagaimana sebuah halaman berhubungan dengan
halaman yang lainnya dan menggunakan cara apa.
Berikut adalah aspek
kesuksesan dalam membangun popularitas dan link pada website Anda: a) Popularitas global. Semakin banyak
website membuat link pada website Anda tentun akan semakin baik. b) Lokal topik, tematik dan spesifik
popularitas. Mesin pencari kini dapat mendeteksi asal/sumber link Anda.
Dengan hal tersebut link dari situs yang sesuai dengan fokus kata kunci Anda
akan berpengaruh. Contoh: Isi konten Anda tentang SEO. Ada link yang tertuju
pada konten Anda tersebut, dari situs komunitas SEO Indonesia. Link jenis ini
akan bernilai lebih tinggi, dibandingkan link dari situs komunitas; c) Text pada link. Link dengan kata kunci
misalnya <a href=”harganews.com”>Situs Pasang Iklan Gratis</a>
lebih baik daripada link <a href=”harganews.com”>Klik disini</a>. Jika
link dengan kata kunci seperti contoh diatas bertuju pada konten website Anda itu
sangat baik; d) Peringkat kepercayaan. Beberapa perkiraan telah menghasilkan sebanyak
60% situs di internet adalah spam. Hindari mendapat link dari situs yang
dianggap spam. Jika Anda mendapat link dari situs universitas, pemerintahan dan
komunitas non-profit akan semakin mempertinggi tingkat popularitas Anda; e) Hati-hati terhadap Sumber link dari website
spam. Anda harus berhati-hati, jangan sampai website Anda di link dari
website yang berstatus spam. Website Anda bisa terlibat dengan keburukan
website spam tersebut. Ini biasa terjadi pada praktik jual beli link; f) Pembaharuan sumber link. Penambahan
link yang menuju ke website Anda. Semakin banyak situs baru yang menempatkan
link ke website Anda akan terus menjaga popularitas Anda. Jadi jangan berhenti
untuk minta direferensikan dari website-website lain; g) Berbagi di media social. Link di sosial media tidak dapat
dijangkau mesin pencari. Namun Anda tetap dapat membangun popularitas di sosial
media. Mesin pencari tidak mendeteksi link yang tersebar di sosial media
seperti Facebook, Twitter dan lain-lainnya. Mesin pencari hanya dapat mendeteksi
setelah link tersebut di klik oleh pengguna; h) Membangun Link pada Situs Anda dengan Cara Terbaru. Membangun
Link pada Situs Anda atau biasa disebut juga link buildingpenting dalam SEO.
Membangun link pada situs juga memiliki beberapa kategorisasi atau jenis.
Ada 3 enis link yang dapat
Anda buat: 1) Link alami. Link pada jenis ini adalah link yang dibuat oleh
pembuat konten situs/website lain. Hal ini disebut alami karena dibuat tanpa
ada interferensi atau permintaan dari Anda sebagai pemilik situs/website. Untuk
dapat mendapat link jenis ini, konten situs Anda harus benar-benar berkualitas
tinggi. Konten yang dibuat unik dan original, serta berisi konten yang menarik
dan lengkap. Anda juga dapat menarik orang melink pada situs Anda dengan
membuat konten yang berisi jawaban atas banyak pertanyaan di Internet; 2) Link
permintaan khusus. Link jenis ini adalah link yang Anda minta kepada pemilik
konten, situs atau website tertentu. Beberapa kerjasama ini memerlukan biaya
atau hanya bersifat tukar menukar link saja; 3) Link permintaan umum. Link
jenis ini dibuat atau ditempatkan secara manual oleh pemilik konten, website atau
situs. Contohnya pemilik website harus mencari situs/website yang menyediakan
fasilitas menyimpan link atau URL pada situsnya. Lalu Anda memasukan link
tersebut melalui form atau prosedur yang disediakan oleh pemilik situs lain
tersebut. Misalnya pada komentar atau guestbook.
Bagaimana Praktik membangun
link (link building) ? Cara terbaik pertama adalah membidik pemilik situs untuk
dapat melakukan Link permintaan khusus. Jadi pertama ketahui dahulu fokus kata
kunci apa yang Anda gunakan. Cari fokus kata kunci tersebut pada mesin pencari.
Lihat beberapa situs lain yang memiliki ranking tinggi lalu ajaklah bekerjasama
dengan menggunakan metode Link permintaan khusus atauLink permintaan umum jika
memungkinkan. Cara terbaik kedua adalah dengan mempelajari backlink yang dibuat
oleh kompetitor Anda. Dengan menggunakan alat seperti Open Site ExplorerAnda
dapat melihat jejak backlink dari website sejenis dari pesaing Anda. Cara
terbaik ketiga adalah membuat link internal pada konten/halaman lain di situs/website
Anda sendiri.
Bagaimana strategi dalam membangun
link ? Meminta pelanggan Anda untuk memasang link situs Anda. Contohnya jika
Anda perusahaan pembuat website, mintalah pelanggan Anda memasang link Anda
pada website pelanggan Anda. Anda dapat memberi tawaran diskon atau link balik
untuk website pelanggan Anda. Buat blog pendukung website Anda. Misalnya jika
Anda memiliki banyak konten dalam website Anda buatlah konten dalam versi lain
yang berisi tanya jawab dan pertanyaan-pertanyaan yang ada dijawab dengan
mereferensikan jawabannya pada link ke konten pada website Anda. Buat konten
yang menginspirasi untuk viral atau dirujuk oleh website lain sebagai jawaban
atau informasi yang sangat berguna.
Demikian informasi tentang Panduan Membuat URL Halaman Website Berstandar SEO. Semoga ada manfaatnya.