Panduan Membuat URL Halaman Website Berstandar SEO

tata cara membuat URL halaman website berstandar SEO


Bagaimana tata cara membuat URL halaman website berstandar SEO ? URL adalah sebuah alamat untuk dokumen pada web – adalah nilai berharga di lihat dari sisi prospektif pencarian. Anda wajib membuat Struktur URL halaman website yang berstandar SEO. Sejak mesin pencari menampilkan alamat URL website Anda pada hasil pencariannya hal tersebut berpengaruh pada klik yang masuk dan kepopuleran.

 

Url digunakan oleh mesin pencarian untuk menaikan peringkat website Anda. Alamat halaman-halaman yang termasuk dalam kata kunci pencarian yang dicari oleh pengunjung menemukan website Anda berdasarkan struktur kata pada alamat URL website Anda tersebut. URL halaman website sangat membantu apabila dituliskan dengan deskripsi yang tepat dan sesuai dengan fokus kata kunci serta kesesuaian isi konten yang ada didalamnya.

 

URL adalah alamat yang tampil pada bagian bar alamat (address bar) pada browser (alat perambah internet) Anda. Meskipun hal ini memiliki pengaruh yang tidak terlalu besar dalam SEO. Namun URL yang buruk akan memberi dampak negatif pada SEO.

 

Berikut ini panduan tata cara membuat URL halaman website berstandar SEO, antara lain: 1) Menunjukan Empati. Posisikan diri Anda sebagai pengguna, yang melihat URL halaman Anda tersebut. Jika Anda (dalam posisi pengunjung website) dengan mudah dapat menyimpulkan apa yang dibahas pada halaman (konten) berdasarkan URL tersebut tentu itu akan membantu. Anda tidak perlu mengeja setiap rincinya, hanya ringkasan dasar saja sudah cukup; 2) Lebih pendek lebih baik. Meskipun Anda perlu mendeskripsikan URL Anda denga baik, namun tetap jaga keseimbangan antara maksud (deskripsi) URL tersebut dan jumlah kata yang ada didalamnya. Jika Anda membuat URL dengan komposisi yang seimbang maka URL Anda selain dapat dibaca juga dapat dibagikan dengan mudah (misalnya lewat e-mail, blog, pesan teks dan lain-lainnya); 3) Menempatkan keyword pada URL itu penting (tapi jika berlebihan justru akan berbahaya). Jika halaman Anda menargetkan pada suatu fokus kata kunci, pastikan Anda menempatkannya pula pada URL. Namun menempatkan kata kunci yang terlalu banyak atau berlebihan pada URL malah akan berdampak buruk pada SEO dan lebih buruk bisa berpeluang masuk pada kategori spam; 4) Buat url statis. Gunakan tanda hubung pada setiap kata Memisahkan kata mungkin termasuk kata kunci ini penting untuk memfokuskan interpretasi mesin pencari dan pengunjung. Hanya gunakan tanda hubung minus/strip (-), untuk memisahkan antar kata pada URL, dan jangan gunakan tanda lain seperti underscore (_), spasi atau (%20) atau tanda hubung lain.

 

Membangun popularitas dan link pada website ini adalah hal yang membutuhkan fokus konsentrasi dan waktu yang cukup banyak. Ini bergantung pada seberapa besar akan Anda bangun dan seberapa sumber daya yang Anda miliki. Untuk pencari yang menjelajahi web yang luas, link adalah jalan diantara halaman. Menggunakan analisis link yang canggih, mesin pencari dapat menemukan bagaimana sebuah halaman berhubungan dengan halaman yang lainnya dan menggunakan cara apa.

 

Berikut adalah aspek kesuksesan dalam membangun popularitas dan link pada website Anda: a) Popularitas global. Semakin banyak website membuat link pada website Anda tentun akan semakin baik. b) Lokal topik, tematik dan spesifik popularitas. Mesin pencari kini dapat mendeteksi asal/sumber link Anda. Dengan hal tersebut link dari situs yang sesuai dengan fokus kata kunci Anda akan berpengaruh. Contoh: Isi konten Anda tentang SEO. Ada link yang tertuju pada konten Anda tersebut, dari situs komunitas SEO Indonesia. Link jenis ini akan bernilai lebih tinggi, dibandingkan link dari situs komunitas; c) Text pada link. Link dengan kata kunci misalnya <a href=”harganews.com”>Situs Pasang Iklan Gratis</a> lebih baik daripada link <a href=”harganews.com”>Klik disini</a>. Jika link dengan kata kunci seperti contoh diatas bertuju pada konten website Anda itu sangat baik; d) Peringkat kepercayaan. Beberapa perkiraan telah menghasilkan sebanyak 60% situs di internet adalah spam. Hindari mendapat link dari situs yang dianggap spam. Jika Anda mendapat link dari situs universitas, pemerintahan dan komunitas non-profit akan semakin mempertinggi tingkat popularitas Anda; e) Hati-hati terhadap Sumber link dari website spam. Anda harus berhati-hati, jangan sampai website Anda di link dari website yang berstatus spam. Website Anda bisa terlibat dengan keburukan website spam tersebut. Ini biasa terjadi pada praktik jual beli link; f) Pembaharuan sumber link. Penambahan link yang menuju ke website Anda. Semakin banyak situs baru yang menempatkan link ke website Anda akan terus menjaga popularitas Anda. Jadi jangan berhenti untuk minta direferensikan dari website-website lain; g) Berbagi di media social. Link di sosial media tidak dapat dijangkau mesin pencari. Namun Anda tetap dapat membangun popularitas di sosial media. Mesin pencari tidak mendeteksi link yang tersebar di sosial media seperti Facebook, Twitter dan lain-lainnya. Mesin pencari hanya dapat mendeteksi setelah link tersebut di klik oleh pengguna; h) Membangun Link pada Situs Anda dengan Cara Terbaru. Membangun Link pada Situs Anda atau biasa disebut juga link buildingpenting dalam SEO. Membangun link pada situs juga memiliki beberapa kategorisasi atau jenis.

 

Ada 3 enis link yang dapat Anda buat: 1) Link alami. Link pada jenis ini adalah link yang dibuat oleh pembuat konten situs/website lain. Hal ini disebut alami karena dibuat tanpa ada interferensi atau permintaan dari Anda sebagai pemilik situs/website. Untuk dapat mendapat link jenis ini, konten situs Anda harus benar-benar berkualitas tinggi. Konten yang dibuat unik dan original, serta berisi konten yang menarik dan lengkap. Anda juga dapat menarik orang melink pada situs Anda dengan membuat konten yang berisi jawaban atas banyak pertanyaan di Internet; 2) Link permintaan khusus. Link jenis ini adalah link yang Anda minta kepada pemilik konten, situs atau website tertentu. Beberapa kerjasama ini memerlukan biaya atau hanya bersifat tukar menukar link saja; 3) Link permintaan umum. Link jenis ini dibuat atau ditempatkan secara manual oleh pemilik konten, website atau situs. Contohnya pemilik website harus mencari situs/website yang menyediakan fasilitas menyimpan link atau URL pada situsnya. Lalu Anda memasukan link tersebut melalui form atau prosedur yang disediakan oleh pemilik situs lain tersebut. Misalnya pada komentar atau guestbook.

 

Bagaimana Praktik membangun link (link building) ? Cara terbaik pertama adalah membidik pemilik situs untuk dapat melakukan Link permintaan khusus. Jadi pertama ketahui dahulu fokus kata kunci apa yang Anda gunakan. Cari fokus kata kunci tersebut pada mesin pencari. Lihat beberapa situs lain yang memiliki ranking tinggi lalu ajaklah bekerjasama dengan menggunakan metode Link permintaan khusus atauLink permintaan umum jika memungkinkan. Cara terbaik kedua adalah dengan mempelajari backlink yang dibuat oleh kompetitor Anda. Dengan menggunakan alat seperti Open Site ExplorerAnda dapat melihat jejak backlink dari website sejenis dari pesaing Anda. Cara terbaik ketiga adalah membuat link internal pada konten/halaman lain di situs/website Anda sendiri.

 

Bagaimana strategi dalam membangun link ? Meminta pelanggan Anda untuk memasang link situs Anda. Contohnya jika Anda perusahaan pembuat website, mintalah pelanggan Anda memasang link Anda pada website pelanggan Anda. Anda dapat memberi tawaran diskon atau link balik untuk website pelanggan Anda. Buat blog pendukung website Anda. Misalnya jika Anda memiliki banyak konten dalam website Anda buatlah konten dalam versi lain yang berisi tanya jawab dan pertanyaan-pertanyaan yang ada dijawab dengan mereferensikan jawabannya pada link ke konten pada website Anda. Buat konten yang menginspirasi untuk viral atau dirujuk oleh website lain sebagai jawaban atau informasi yang sangat berguna.


Demikian informasi tentang Panduan Membuat URL Halaman Website Berstandar SEO. Semoga ada manfaatnya.



Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama