Apa dan bagaimana Pengertian SEO (Search Engine Optimization) dan Manfaat SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog. Mari kita baca artikel singkat di bawah ini.
a. Pengertian Search Engine
Pencarian mesin munurut (Google Search Engine Optimization (2010: 4) mendefinisikan bahwa fungsi komputer yang mencari data yang tersedia di Internet menggunakan kata kunci atau istilah tertentu lainnya, atau program yang berisi fungsi ini. Menurut Chaffey dalam bukunya tentang E-Business and E-Commerce Management (2012: 53) mendefinisikan “Search engine sebagai berikut: a key type atau elemen 49 portal merupakan portal yang digunakan untuk organisasi dalam layanan pemasaran yang dilakukan secara online, elemen portal ini merupakan utama yang melakukan pencarian informasi tentang perusahaan dan produknya”.
Search engine merupakan alat
yang dikenal sebagai mesin pencarian ssecara otomatis atau sering disebut
sebagai robot pencarian informasi. Pengguna menggunakan Search engine dengan
kata kunci mengetik dan disajikan dengan daftar halaman peringkat. Lovelock dan
Wirtz (2012: 178) juga menyebutkan mereka “Search engine adalah bentuk jaringan
siaran terbalik”. Alih-alih pengiklan penyiaran pesan mereka kepada pelanggan,
mesin pencari membiarkan pengiklan tahu persis apa yang konsumen inginkan
melalui pencarian kata kunci mereka, dan pengiklan kemudian dapat menargetkan
komunikasi pemasaran yang relevan secara langsung pada konsumen tersebut.
Dari definisi di atas, dapat
disimpulkan bahwa mesin pencari adalah halaman web fungsional yang memungkinkan
pengguna untuk menemukan informasi dengan kata kunci tertentu yang akan hasil
daftar situs menurut relevansi kata kunci.
b. Pengertian Search Engine Optimization (SEO)
Chaffey (2007: 644)
mendefinisikan SEO sebagai berikut: “Suatu pendekatan terstruktur yang
digunakan untuk meningkatkan posisi perusahaan atau produknya di hasil
pencarian mesin sesuai dengan kata kunci yang dipilih”.
Enaceanu (2010:1) menyatakan
bahwa Search Engine Optimization (SEO) merupakan sistem dari bagian pemasaran
dalam 50 mesin pencarian yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan jumlah dan
kualitas pengunjung pada website. Maley dan Baum (2010: 1) menyatakan bahwa
"optimasi mesin pencari adalah proses membuat website Anda muncul di atau
dekat ke puncak mesin pencari populer seperti google, yahoo, dan MSN".
Grubbs, et al (2010: 32)
menyatakan bahwa "SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs web
atau halaman web di search engine melalui hasil pencarian “natural” atau tidak
dibayar (organik dan algoritmik)". Mohr, Sengupta dan Slater (2010: 399)
mendefinisikan bahwa “SEO adalah praktek merancang halaman web di sekitar kata
kunci yang paling relevan dengan isi website perusahaan, sehingga mereka akan
peringkat tinggi dalam relevansi ketika pencarian pengguna dengan kata kunci
tertentu di mesin pencari”.
c.
Fungsi Search Engine Optimization (SEO)
Fungsi dari SEO antara lain
: 1) Memberikan posisi terbaik di mesin pencari. 2) Memberikan trafic sesui
dengan target pengunjung. 3) Mempopulerkan situs web site dengan cepat d. Paramater
SEO Terdapat banyak manfaat dari mengoptimisasi website bagi pelaku usaha
maupun perusahaan, sehingga saaat ini para pelaku bisnis maupun 51 perusahaan
berlomba-lomba dalam mengoptimosasi website yang digunakan sebagai sarana
promosi.
Adapun menurut Alifan (2016)
pemilik dari situs "www.alifandofla.com" parameter SEO bisa dikatakan
berhasil adalah :
1) Berada di halaman teratas
mesin pencari Berhasilnya suatu website berada pada halaman teratas mesin
pencari adalah tujuan utama dari melakukan teknik SEO pada website
2) Banyaknya traffik atau
pengunjung Bertambahnya pengunjung dari ke hari merupakan salah satu parameter
keberhasilan SEO, karena dengan adanya website yang dikelola berada di halaman
teratas mesin pencari, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung lebih lebih
banyak semakin besar.
3) Pagerank Pagerank adalah
salah satu produk mesin pencari Google dalam mengelompokkan website-website
sesuai dengan algoritma mereka. Pagerank berkebalikan dengan alexa, semakin
besar Pagerank sebuah website maka semakin bagus pula peringkat website
tersebut.
Berdasarkan dari tiga
parameter SEO diatas, maka ada banyak sekali startegi SEO yang bisa digunakan
oleh pelaku usaha online maupun perusahaan. Tergantung dari jumlah pesaing
dalam kata kunci tertentu, tergantung pula kemampuan dan tools apa yang mereka
gunakan dalam pengoptimalan suatu website. Pakar ahli SEO Setiawan (2011:56)
menyatakan "Tidak ada strategi yang pasti dalam melakukan teknik SEO yang
baik karena SEO bersifat dinamis, algoritma mesin pencari Google juga selalu
berubah-ubah untuk selalu perbaikan.
Strategi Meningkatkan Traffic Blog (Website)
Melalui SEO Banyak startup
yang berpikir dengan membuat web yang menarik maka, akan mendatangkan visitor
dengan sendirinya. Hal ini merupakan salah satu pemikiran yang salah. Apalagi
dengan banyaknya web sejenis di area yang sama dengan desain yang menarik. Tantangan
bagaimana cara membuat web berada di urutan teratas ketika visitor atau calon
customer mencari tentang kita. Di sini peran SEO atau search engine
optimization penting bagi strategi digital marketing kamu. SEO bukan hanya
meningkatkan traffic ke web pengguna tetapi juga membangun kepercayaan dari
user. SEO sendiri merupakan proses dan bergantung banyak kepada konten yang ada
di web pengelola.
Menurut Setiawan (2011:58)
terdapat sebelas strategi Traffic Blog (Website)melalui SEO dapat dijelaskan
sebagai berikut: a. Menggunakan SEO untuk melakukan audit pada website b.
Menganalisis atau mempelajari apa yang menjadi keinginan mendasar seoarang
konsumen agar dapat mengunjungi website pengelola c. Pengelola perlu membuat
sebuah landing page yang sudah dioptimasi dan dipastikan aktif d. Pastikan
bahwa website yang dimiliki dan dikelola dapat diakses menggunakan handphone
(telepon genggam). e. Gunakan teknik internal deep linking untuk SEO f. Gunakan
link juice untuk halaman yang memiliki ranking rendah g. Link ke website
eksternal yang memiliki Domain Authority yang tinggi h. Optimasi Konten Untuk
RankBrain i. Gunakan AdWords copy untuk on-page SEO Anda j. Monitor statistik
Google Search Console k. Social Media
Peran SEO Dalam Meningkatkan
Traffic Pengunjung Blog (Website)
Manfaat SEO Adapun Menurut
Pakar SEO Syamsu Alam (2015) dalam situsnya "www.Syamsulalam.net"
Teknik SEO banyak sekali memberikan manfaat dan dampak positif bagi para pengelola
blog (website), antara lain: a. Meningkatkan popularitas website, karena
website berada dihalaman pertama mesin pencari maka kemungkinan besar website
jadi lebih banyak dikunjungi para konsumen. b. Meningkatkan popularitas
website, karena website berada dihalaman pertama mesin pencari maka kemungkinan
besar website jadi lebih banyak dikunjungi para konsumen c. Meningkatkan brand,
sehingga website lebih terpercaya dan mendapatkan penilaian positif dihadapan
para konsumen d. Meningkatnya transaksi penjualan. Banyaknya pengunjung yang
datang di website, maka kemungkinan besar pula transaksi penjualan meningkat.
Demikian Pengertian SEO (Search Engine Optimization)
Dan Manfaat SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog. Semoga ada manfaatnya