Pengertian SEO (Search Engine Optimization) Dan Manfaat SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) dan Manfaat SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog


Apa dan bagaimana Pengertian SEO (Search Engine Optimization) dan Manfaat SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog. Mari kita baca artikel singkat di bawah ini.

 

a. Pengertian Search Engine

Pencarian mesin munurut (Google Search Engine Optimization (2010: 4) mendefinisikan bahwa fungsi komputer yang mencari data yang tersedia di Internet menggunakan kata kunci atau istilah tertentu lainnya, atau program yang berisi fungsi ini. Menurut Chaffey dalam bukunya tentang E-Business and E-Commerce Management (2012: 53) mendefinisikan “Search engine sebagai berikut: a key type atau elemen 49 portal merupakan portal yang digunakan untuk organisasi dalam layanan pemasaran yang dilakukan secara online, elemen portal ini merupakan utama yang melakukan pencarian informasi tentang perusahaan dan produknya”.

 

Search engine merupakan alat yang dikenal sebagai mesin pencarian ssecara otomatis atau sering disebut sebagai robot pencarian informasi. Pengguna menggunakan Search engine dengan kata kunci mengetik dan disajikan dengan daftar halaman peringkat. Lovelock dan Wirtz (2012: 178) juga menyebutkan mereka “Search engine adalah bentuk jaringan siaran terbalik”. Alih-alih pengiklan penyiaran pesan mereka kepada pelanggan, mesin pencari membiarkan pengiklan tahu persis apa yang konsumen inginkan melalui pencarian kata kunci mereka, dan pengiklan kemudian dapat menargetkan komunikasi pemasaran yang relevan secara langsung pada konsumen tersebut.

 

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa mesin pencari adalah halaman web fungsional yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi dengan kata kunci tertentu yang akan hasil daftar situs menurut relevansi kata kunci.

 

b. Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Chaffey (2007: 644) mendefinisikan SEO sebagai berikut: “Suatu pendekatan terstruktur yang digunakan untuk meningkatkan posisi perusahaan atau produknya di hasil pencarian mesin sesuai dengan kata kunci yang dipilih”.

 

Enaceanu (2010:1) menyatakan bahwa Search Engine Optimization (SEO) merupakan sistem dari bagian pemasaran dalam 50 mesin pencarian yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas pengunjung pada website. Maley dan Baum (2010: 1) menyatakan bahwa "optimasi mesin pencari adalah proses membuat website Anda muncul di atau dekat ke puncak mesin pencari populer seperti google, yahoo, dan MSN".

 

Grubbs, et al (2010: 32) menyatakan bahwa "SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web di search engine melalui hasil pencarian “natural” atau tidak dibayar (organik dan algoritmik)". Mohr, Sengupta dan Slater (2010: 399) mendefinisikan bahwa “SEO adalah praktek merancang halaman web di sekitar kata kunci yang paling relevan dengan isi website perusahaan, sehingga mereka akan peringkat tinggi dalam relevansi ketika pencarian pengguna dengan kata kunci tertentu di mesin pencari”.

 

c. Fungsi Search Engine Optimization (SEO)

Fungsi dari SEO antara lain : 1) Memberikan posisi terbaik di mesin pencari. 2) Memberikan trafic sesui dengan target pengunjung. 3) Mempopulerkan situs web site dengan cepat d. Paramater SEO Terdapat banyak manfaat dari mengoptimisasi website bagi pelaku usaha maupun perusahaan, sehingga saaat ini para pelaku bisnis maupun 51 perusahaan berlomba-lomba dalam mengoptimosasi website yang digunakan sebagai sarana promosi.

 

Adapun menurut Alifan (2016) pemilik dari situs "www.alifandofla.com" parameter SEO bisa dikatakan berhasil adalah :

1) Berada di halaman teratas mesin pencari Berhasilnya suatu website berada pada halaman teratas mesin pencari adalah tujuan utama dari melakukan teknik SEO pada website

2) Banyaknya traffik atau pengunjung Bertambahnya pengunjung dari ke hari merupakan salah satu parameter keberhasilan SEO, karena dengan adanya website yang dikelola berada di halaman teratas mesin pencari, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung lebih lebih banyak semakin besar.

3) Pagerank Pagerank adalah salah satu produk mesin pencari Google dalam mengelompokkan website-website sesuai dengan algoritma mereka. Pagerank berkebalikan dengan alexa, semakin besar Pagerank sebuah website maka semakin bagus pula peringkat website tersebut.

 

Berdasarkan dari tiga parameter SEO diatas, maka ada banyak sekali startegi SEO yang bisa digunakan oleh pelaku usaha online maupun perusahaan. Tergantung dari jumlah pesaing dalam kata kunci tertentu, tergantung pula kemampuan dan tools apa yang mereka gunakan dalam pengoptimalan suatu website. Pakar ahli SEO Setiawan (2011:56) menyatakan "Tidak ada strategi yang pasti dalam melakukan teknik SEO yang baik karena SEO bersifat dinamis, algoritma mesin pencari Google juga selalu berubah-ubah untuk selalu perbaikan.

 

Strategi Meningkatkan Traffic Blog (Website)

 

Melalui SEO Banyak startup yang berpikir dengan membuat web yang menarik maka, akan mendatangkan visitor dengan sendirinya. Hal ini merupakan salah satu pemikiran yang salah. Apalagi dengan banyaknya web sejenis di area yang sama dengan desain yang menarik. Tantangan bagaimana cara membuat web berada di urutan teratas ketika visitor atau calon customer mencari tentang kita. Di sini peran SEO atau search engine optimization penting bagi strategi digital marketing kamu. SEO bukan hanya meningkatkan traffic ke web pengguna tetapi juga membangun kepercayaan dari user. SEO sendiri merupakan proses dan bergantung banyak kepada konten yang ada di web pengelola.

 

Menurut Setiawan (2011:58) terdapat sebelas strategi Traffic Blog (Website)melalui SEO dapat dijelaskan sebagai berikut: a. Menggunakan SEO untuk melakukan audit pada website b. Menganalisis atau mempelajari apa yang menjadi keinginan mendasar seoarang konsumen agar dapat mengunjungi website pengelola c. Pengelola perlu membuat sebuah landing page yang sudah dioptimasi dan dipastikan aktif d. Pastikan bahwa website yang dimiliki dan dikelola dapat diakses menggunakan handphone (telepon genggam). e. Gunakan teknik internal deep linking untuk SEO f. Gunakan link juice untuk halaman yang memiliki ranking rendah g. Link ke website eksternal yang memiliki Domain Authority yang tinggi h. Optimasi Konten Untuk RankBrain i. Gunakan AdWords copy untuk on-page SEO Anda j. Monitor statistik Google Search Console k. Social Media  

 

Peran SEO Dalam Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog (Website)

Manfaat SEO Adapun Menurut Pakar SEO Syamsu Alam (2015) dalam situsnya "www.Syamsulalam.net" Teknik SEO banyak sekali memberikan manfaat dan dampak positif bagi para pengelola blog (website), antara lain: a. Meningkatkan popularitas website, karena website berada dihalaman pertama mesin pencari maka kemungkinan besar website jadi lebih banyak dikunjungi para konsumen. b. Meningkatkan popularitas website, karena website berada dihalaman pertama mesin pencari maka kemungkinan besar website jadi lebih banyak dikunjungi para konsumen c. Meningkatkan brand, sehingga website lebih terpercaya dan mendapatkan penilaian positif dihadapan para konsumen d. Meningkatnya transaksi penjualan. Banyaknya pengunjung yang datang di website, maka kemungkinan besar pula transaksi penjualan meningkat.

 

Demikian Pengertian SEO (Search Engine Optimization) Dan Manfaat SEO Untuk Meningkatkan Traffic Blog. Semoga ada manfaatnya



Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama